Apakah hanya berubah nomenklatur dari Panitia Anggaran menjadi Badang Anggaran?

  1. UU NO. 4 TAHUN 1999 TENTANG SUSUNAN DAN KEDUDUKAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH tidak pernah menyebutkan nomenklatur panitia anggaran, hanya menyebutkan peran DPRD dalam APBD.
  2. PP NO. 01 TAHUN 2001 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN TATA TERTIB DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH, sebagai turunan dari UU No. 4 Tahun 1999 hanya menyebutkan Panitia Anggaran pada Pasal 45 huruf j dan l, Rapat Panita Anggaran merupakan rapat anggota Panitia Anggaran yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Panitia Anggaran dan Rapat Kerja merupakan rapat antara DPRD/Panitia Anggaran/Komisi/Gabungan Komisi/Panitia Khusus dengan Kepala Daerah atau pejabat yang ditunjuk. Selain hal itu tersebut tidak pernah disebutkan. Jadi PP tersebut tidak pernah mengatur tugas dan wewenang Panitia Anggaran, Pimpinan dan Anggota Panitia Anggaran dan mekanisme kerja dalam menyusun anggaran bersama dengan eksekutif. Dimana hal tersebut diatur? Apakah diatur pada masing-masing Tatib DPRD?
  3. UU NO. 22 TAHUN 2009 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH juga tidak pernah menyebutkan nomenklatur tentang Panitia Anggaran.
  4. Setelah digantinya UU No. 4 Tahun 1999 dengan UU NO. 22 TAHUN 2003 TENTANG SUSUNAN DAN KEDUDUKAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN  RAKYAT DAERAH nomenklatur Panitia Anggaran baru disebutkan, sebagaimana pada Pasal 98 Ayat (4) bahwa Alat kelengkapan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota terdiri atas: Pimpinan, Panitia Musyawarah, Komisi, Badan kehormatan, Panitia Anggaran dan Alat kelengkapan lain yang diperlukan.
  5. Selanjutnya, pasal 5 pada UU N0. 22 Thun 2003 menyatakan Pembentukan, susunan, tugas dan wewenang alat kelengkapan diatur dalam Peraturan Tata Tertib DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.
  6. PP NO. 25 TAHUN 2004 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN PERATURAN TATA TERTIB DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH.
  7. PP ini merupakan pelaksanaan dari UU No. 22 Tahun 2003, dan memberikan aturan yang lebih jelas terkait dengan Panitia Anggaran dibandingkan dengan PP No. 01 Tahun 2001.
  8. Pasal 43 (1) menyatakan alat kelengkapan DPRD terdiri atas: Pimpinan, Panitia Musyawarah, Komisi, Badan Kehomatan, Panitia Anggaran dan Alat kelengkapan lain yang diperlukan.
  9. Pasal 52,  Panitia Anggaran merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD. Panitia Anggaran terdiri atas Pimpinan DPRD, satu wakil dari setiap Komisi, dan utusan Fraksi berdasarkan perimbangan jumlah anggota. Ketua dan Wakil Ketua DPRD karena jabatannya adalah Ketua dan Wakil Ketua Panitia Anggaran merangkap anggota. Susunan keanggotaan, Ketua dan Wakil Ketua Panitia Anggaran ditetapkan dalam Rapat Paripurna. Sekretaris DPRD karena jabatannya adalah Sekretaris Panitia Anggaran bukan anggota. Masa keanggotaan Panitia Anggaran dapat diubah pada setiap tahun.
  10. Pasal 53, menjelaskan tugas Panitia Anggaran:
    • memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD kepada Kepala Daerah dalam mempersiapkan Rancangan APBD selambat-lambatnya lima bulan sebelum ditetapkannya APBD.
    • memberikan saran dan pendapat kepada Kepala Daerah dalam mempersiapkan penetapan, perubahan, dan perhitungan APBD sebelum ditetapkan dalam Rapat Paripurna.
    • memberikan saran dan pendapat kepada DPRD mengenai pra rancangan APBD, rancangan APBD, perubahan, dan perhitungan APBD yang telah disampaikan oleh Kepala Daerah.
    • memberikan saran dan pendapat terhadap rancangan perhitungan anggaran yang  disampaikan oleh Kepala Daerah kepada DPRD.
    • menyusun anggaran belanja DPRD dan memberikan saran terhadap penyusunan anggaran belanja Sekretariat DPRD.
  11. Pasal 57 huruf  I menyatakan Rapat Panitia Anggaran merupakan rapat anggota Panitia Anggaran, dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Panitia Anggaran.
  12. Pada perubahan PP No. 25 tahun 2004 menjadi PP No. 53 tahun 2005 tentang perubahan atas PP No. 25 tahun 2004 tentang pedoman penyusunan peraturan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah tidak ada perubahan terkait dengan Panitia Anggaran.
  13. UU No. 27 Tahun 2009
  14. Di DPRD terdapat penggantian nomenklatur panitia menjadi badan agar lebih jelas keberadaan kelembagaan politiknya, yaitu Panitia Musyawarah menjadi Badan Musyawarah dan Panitia Anggaran menjadi Badan Anggaran. Berkaitan dengan alat kelengkapan di DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, perlu memperhatikan keterwakilan perempuan sebagai pimpinan alat kelengkapan.
  15. Pasal 302 (1) dan Pasal 353 (1) Alat kelengkapan DPRD provinsi terdiri atas: pimpinan, Badan Musyawarah, komisi, Badan Legislasi Daerah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan dan alat kelengkapan lain yang diperlukan dan dibentuk oleh rapat paripurna.
  16. UU No. 27 Tahun 2009 tidak mengatur secara detail Badan Anggaran untuk DPRD tetapi Badan Anggaran untuk DPR dibahas di Pasal 104 – 109, pasal-pasal tersebut berisi : susunan keanggotaan, pimpinan, tugas badan anggaran.
  17. Pertanyaan selanjutnya, adakah kemungkinan Badan Anggaran yang mungkin diatur di PP tentang Tata Tertib DPRD akan memiliki kemiripan dengan Badan Anggaran DPR yang di atur UU tersebut?
  18. Kalau Ya, berarti susunan keanggotaan, pimpinan, tugas badan anggaran akan sangat berbeda dengan pada PP No. 25 Tahun 2004. Kita lihat perubahan PP tersebut nanti.

Referensi:

  • UU 4/1999
  • UU 22/199
  • UU 27/2009
  • PP 1/2001
  • PP 25/2004
  • PP 53/2005

https://dewandaerah.wordpress.com, managed by :

riris prasetyo/ 0811 184 172

peminat politik lokal,  penguatan DPRD, keuangan daerah dan pengelolaan kekayaan daerah.

One Comment

  1. syukriy
    Posted Januari 8, 2010 at 4:24 am | Permalink | Balas

    Tulisan yang bagus, mas.
    Memberi pencerahan nih….
    Thanks ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: