IMPLIKASI UU NO. 27 TAHUN 2009 TERHADAP “PENYEDIAAN SARANA, ANGGARAN, DAN TENAGA AHLI DI FRAKSI”

  1. Terhadap Pasal 301  Ayat (10) dan Pasal 352 Ayat (10)  UU No. 27 Tahun 2009 yang menyatakan Sekretariat DPRD provinsi/kabupaten/kota menyediakan sarana, anggaran, dan tenaga ahli guna kelancaran pelaksanaan tugas fraksi sesuai dengan kebutuhan dan dengan memperhatikan kemampuan APBD, apakah implikasinya terhadap penyusunan RKA-SKPD Setwan TA 2010?
  2. Pasal diatas akan menimbulkan implikasi terhadap penyusunan RKA-SKPD Setwan TA 2010, yang saat ini sedang/akan disusun oleh Setwan DPRD. Apa yang terjadi bila Setwan DPRD tidak memasukkan kegiatan yang terkait penyediaan “sarana, anggaran, dan tenaga ahli”  pada RKA-SKPD Setwan untuk TA. 2010? Bagaimana sikap Pimpinan dan Anggota DPRD, khususnya Pimpinan Fraksi?
  3. Permasalahan selanjutnya, seberapa besar anggaran APBD yang harus disediakan untuk penyediaan “sarana, anggaran, dan tenaga ahli”  ?  Apakah sudah ada regulasi yang mengatur, atau cukup dengan regulasi yang ada? Sebab hal ini terkait dengan makna “sesuai dengan kebutuhan dan dengan memperhatikan kemampuan APBD” pada pasal terbut.
  4. Apakah diperlukan regulasi yang mengatur tentang stadarisasi sarana dan prasarana untuk fraksi di DPRD sebagaimana diamanahkan oleh UU No. 27 Tahun 2009?. Apa jadinya bila masing-masing Setwan DPRD Provinsi/Kab/Kota menganggarkan di RKA-SKPD tanpa ada aturan yang jelas?
  5. Misalnya, apa saja yang termasuk “sarana” tersebut? Apakah meliputi ruangan, penyediaan ATK, telepon, kendaraan dinas, dll? Berapa banyak tenaga Ahli yang dibutuhkan? Berapa honor tenaga ahli tersebut?
  6. Apa yang dimaksud dengan “anggaran” dalam pasal tersebut? Apakah anggaran untuk kegiatan masing-masing fraksi? Kalau ya, kegiatan apa yang boleh dibiayai oleh APBD? Dan berapa besarnya?
  7. Sekedar untuk membandingkan, Pasal 9, 10 dan 11 PP No. 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik. Bahwa bantuan keuangan kepada Partai Politik digunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat Partai Politik.
  8. Kegiatan pendidikan politik berkaitan dengan:
    • peningkatan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
    • peningkatan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; dan
    • peningkatan kemandirian, kedewasaan, dan membangun karakter bangsa dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.
  9. Kegiatan pendidikan politik dilaksanakan dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender untuk membangun etika dan budaya politik sesuai dengan Pancasila.
  10. Kegiatan operasional sekretariat berkaitan dengan:
    • administrasi umum;
    • berlangganan daya dan jasa;
    • pemeliharaan data dan arsip; dan
    • pemeliharaan peralatan kantor
  11. Pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah kita mengkaitkan  Pasal 301  Ayat (10) dan Pasal 352 Ayat (10)  UU No. 27 Tahun 2009 dan Pasal 9, 10, 11 PP No. 5 Tahun 2009. Terutama  berdasarkan prinsip tujuannya.
  12. Terkait belum terbitnya PP tentang Tatib DPRD sebagai turunan dari UU No. 27 Tahun 2009, dan regulasi lainnya yang mengatur tentang penjelasan Pasal 301 Ayat (1) dan Pasal 352 Ayat (10)  UU No. 27 Tahun 2009, seyogyanya bagi Kepala Sekwan DPRD untuk tetap menggunakan prinsip kehati-hatian dalam menganggarkan dan membelanjakan APBD.

2 Comments

  1. denny
    Posted November 17, 2009 at 4:30 am | Permalink | Balas

    no comment ah….

  2. edhi
    Posted Maret 31, 2011 at 3:53 am | Permalink | Balas

    Pak, bs sy dikirimkan Surat Edaran Mendagri Nomor 188.31/006/BAKD tanggal 4 Januari 2006 mengenai Tambahan Penjelasan terhadap Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2005 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: